4 Investasi Jangka Panjang Dan Minim Kerugian

4 Investasi Jangka Panjang Dan Minim Kerugian Yang Cocok Bagi Milenial


Investasi adalah salah suatu kegiatan mengelola keuangan yang bertujuan agar mendapatkan profit atau keuntungan. Bagi generasi muda sekarang atau yang biasa disebut generasi milenial lahir pada tahun 1981 hingga tahun 2000. Merupakan generasi yang terdapat banyak sekali informasi yang sangat mudah di dapatkan melalui berbagai media seperti internet, televisi dan media cetak. Tentu saja dengan informasi yang mudah sekali didapatkan salah satunya adalah investasi. Kegiatan investasi sangatlah menguntungkan pada saat anda sedang tidak bekerja atau tertidur lelap keuangan yang anda kelola tetap meningkat nilainya.

Banyak sekali sekarang dari kalangan milenial yang mulai belajar serta sedikit menyisihkan dana mereka untuk di investasikan jangka panjang. Penting sekali bagi anda mulai dini untuk belajar berinvestasikan uang yang ada punya sebagai ladang bisnis keuntungan yang cukup menggiurkan. Seperti yang kita ketahui nominal uang semakin hari akan menyusut oleh faktor inflasi tetapi berbeda halnya jika anda sudah jauh hari mengelola keuangan anda dengan baik serta menginvestasikan maka nominal tersebut akan bertambah.

4 Investasi Jangka Panjang Dan Minim Kerugian Yang Cocok Bagi Milenial

1. Logam Mulia

Investasi Logam Mulia


Nilai harga logam mulia seperti emas dan perak setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang cukup stabil dan sangat menguntungkan jika menginvestasikan dengan nonimal yang cukup tinggi maka keuntungan akan tinggi pula. Bagi kalangan milenial memang sedikit tabu karena investasi emas menurut mereka ribet, mahal, serta harus menunggu lama agar bisa mendapatkan profit yang tinggi. Pada dasarnya investasi emas memang sangat menguntungkan jika anda menyimpan emas tersebut minimal 2 hingga 4 tahun kedepan maka nominal emas yang anda punyai akan naik terutama emas batangan.

Beberapa alasan lainnya kenapa anda wajib mencoba menabung emas untuk masa depan seperti rencana modal menikah, rencana biaya anak untuk sekolah kelak dan menambah aset anda. Jika anda menabung uang sebanyak - banyaknya dan disimpan selama bertahun - tahun maka nilai tukar akan berkurang karena inflasi tetapi berbeda halnya dengan emas semakin anda simpan dalam waktu 5 tahun kedepan bahkan belasan tahun maka keuntungan dalam jumlah yang besar akan anda dapatkan. Lihatlah skema sikat investasi emas dalam jangka waktu 1 tahun :

Jika anda membeli emas pada januari 26 desember 2017 dengan harga Rp 571.000/gram emas batangan dan anda berniat untuk berinvestasi.

Perhatikan Garis yang berwarna Hijau harga emas dunia pada saat itu sekitar $41.89/gram atau nilai tukar rupiah Rp 13.548/$ kemudian anda membeli emas atam seharga Rp571.000/gram perhatikan garis berwarna merah sudah termasuk dari pajak pegadaian karena anda berniat untuk berinvestasi jangka panjang setelah menunggu 1 tahun dan ingin menjualnya kembali ke pegadaian atau perusahaan jual beli emas maka harga emas tersebut naik. 


Grafik diatas merupakan harga pada emas tanggal 31 desember 2018 senilai Rp 595.000/gram. Walaupun keuntungan tidak begitu besar pada nominal 1 gram tetapi lihat pada nomial 100 gram maka anda akan mendapatkan keuntungan 1 juta rupiah. Begitu pula pada 1000 gram atau 1 kilogram emas anda akan mendapatkan keuntungan senilai Rp 14.000.000. Wow  sangat menguntungkan bukan ? bayangkan saja jika anda mempunyai emas batangan minimal berat 100 gram kemudian menyimpannya dalam jangka waktu yang sangat lama maka keuntungan akan anda dapatkan di masa yang akan datang.

Tetapi... Bagaimana berinvestasi emas jika tidak mempunyai modal yang cukup? 
Bagi anda kaum milenial yang masih mempunyai masalah finansial kini tidak perlu khawatir karena Pegadaian menyediakan rekening tabungan emas dengan bermodal Rp100.000 anda dapat membuka rekening tabungan emas. Biaya tersebut ialah :

  • Biaya Pembukaan rekening : Rp.10.000
  • Biaya titipan emas selama 12 bulan : Rp.30.000
  • Saldo Awal Rekening Emas : Rp 60.000 

2. Tanah

Invetasi Tanah


Tanah merupakan salah satu investasi yang cukup menjanjikan dan mendatangkan untung yang cukup besar terutama di perkotaan. Harga tanah di perkotaan memang sangat mahal dikarenakan lahan di perkotaan sulit sekali didapatkan dengan pembangunan sangat cepat dimana - mana membuat harga tanah melambung hingga belasan juta rupiah/m². Jika anda mempunyai sebidang tanah ditempat strategis seperti dekat jalan maka inilah salah satu investasi awal anda. Luas bidang tanah tersebut dapat anda sewakan kepada seseorang dengan tarif yang bisa ditentukan atau anda dapat mendirikan usaha di tanah yang anda punyai tanpa harus menyewa tanah seseorang.

Bagi anda generasi milenial atau kaum muda mulai sekarang mencobalah membeli sebidang tanah di pedesaan atau daerah perkampungan karena harganya masih cukup terjangkau meter perseginya sebanyak - banyak. Lalu anda diamkan beberapa tahun dan lihat perkembangan daerah tersebut maka akan daerah tersebut akan semakin ramai serta membuat harga tanah tersebut semakin meningkat harganya. Memanfaatkan tanah bisa dengan mendirikan sebuah usaha rumah kontrakan yang bisa membuat anda mendapatkan keuntungan setiap bulannya jika anda tidak ingin menjual tanah tersebut.

3. Uang Digital

Invetasi Uang Digital


Uang Digital atau Cryptocurrency adalah salah satu mata uang masa depan yang bisa menjadi pengganti uang kartal saat ini. Generasi Milenial mungkin tidak asing lagi dengan mata uang digital Bitcoin. Bitcoin adalah merupakan cryptocurrency yang saat ini mempunyai nilai yang sangat besar dari mata uang digital lainnya. Mata uang satu ini tidak mempunyai pajak karena tidak ada negara satu manapun yang hak memiliki. Kenaikan yang sangat signifikan pada tahun 2015 - 2018 mata uang Bitcoin mencapai 300 juta rupiah membuat generasi milenial mulai belajar menginvestasikan uangnya untuk mata uang satu ini.

Sangat mudah bagi anda yang pemula untuk melakukan tranding  Cryptocurrency yang bisa membuat anda untung dalam jangka pendek, tetapi tetap berhati - hati saat melakukan tranding  Cryptocurrency karena nilai tukarnya sangat tidak stabil.

4. Properti

Invetasi Properti
Hingga saat ini bisnis properti menjadi usaha yang cukup menguntungkan karena harganya yang selalu terus naik setiap tahunnya membuat para developer selalu membuat terobosan terbaru dan kreatif agar bisa menarik hati para pembeli. jika anda bisa mengelola dengan baik properti tersebut anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat dari modal yang anda keluarkan.


Alangkah lebih baik mulai sejak muda anda mempersiapkan bisnis investasi yang membuat anda tidak perlu bekerja di hari tua anda yang menghabiskan waktu berharga yang seharusnya bersama, tetapi anda habiskan hanya untuk bekerja terus - menerus agar bisa menafkahkan keluarga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel