7 Tahapan Pemindahan Toko Biasa Menjadi Toko Online

7 Tahapan Pemindahan Toko Biasa Menjadi Toko Online

Seperti yang kita ketahui bisnis online kini mulai merajai pasar perdagangan di indonesia banyak sekali marketplace online mulai bermunculan serta menawarkan promo yang sangat luar biasa besar untuk memancing minat pembeli serta pembeli selalu menggunakan marketplace online tersebut untuk media bertransaksi. Pada era saat ini yaitu industri 4.0 banyak sekali perubahan yang sangat cepat yang bisa kita rasakan seperti pemilik pabrik kini mulai mengoperasikan semua pekerjaan manusia dengan menggunakan sistem robot. Pengoperasian dengan menggunakan sistem robot dapat memangkas waktu produksi dan biaya gaji para pekerja.

Minat beli secara konvensional atau mendatangi toko berkaitan untuk membeli barang kebutuhan kini mulai secara perlahan menurun karena adanya toko online yang banyak sekali tersedia barang hanya bermodalkan smartphone atau laptop serta jaringan internet pembeli bisa mencari barang idaman dan jasa mereka yang caru terdapat pada website atau aplikasi toko online tersebut. Kemudian pembeli hanya memilih barang tersebut setelah memilih barang lalu melakukan pembayaran melalui bank ataupun toko retail terdekat.

Setelah pembeli melakukan proses transaksi tersebut penjual langsung melanjutkan proses permintaan dari pembeli dan mengirim barang tersebut kemudian setelah sampai barang sampai maka dana akan cair ke rekening anda. Salah satu metode berjualan tersebut bisa kita lakukan hanya bermodalkan akun dagang marketplace online, kuota internet, persediaan barang dan biaya ongkos kirim tanpa harus menyewa  bangunan.

Inilah 7 Tahapan Pemindahan Bisnis Konvensional Menjadi Online.

1. Melakukan Analisa Data Pasar.


Jangan terlalu terburu - buru jika saat anda menginginkan untuk memindahkan semua bisnis yang anda miliki dari konvensional atau toko biasa menjadikan toko online maka anda harus melakukan analisa terlebih dahulu dan memikirkan pelanggan anda yang setia. Jika anda berpikiran langsung menutup usaha toko lama anda dan memindahkannya menjadi toko online maka anda akan kehilangan pelanggan setia anda. Maka anda harus memperhatikan barang apa yang sedang hangat dan hits di pasar dunia online, apakah barang tersebut tersedia di toko anda? Jika ya maka anda bisa memulai menjual barang tersebut melalui online dengan harga yang kompetitif tanpa harus mengalami kerugian.

2. Membangun Sebuah Website.


Promosikan produk melalui website yang anda buat atau menggunakan jasa dengan begitu website yang terdapat daftar produk milik anda sendiri bisa membuat calon pembeli tambah percaya bahwa penjual sangat berniat menjual produknya tersebut dan terlihat berkualitas. Pilihlah desain yang menarik dan simpel tidak perlu yang banyak hiasan serta berikan sedikit tambahkan beberapa fitur untuk pelanggan seperti chat dengan penjual, komplain dan otomatis lacak nomor resi pengiriman.


3. Belajar SEO

Belajar SEO

SEO adalah kependekan dari search engine optimization dimana sebuah website atau halaman dapat bersaing menjadi yang pertama ketika pengunjung mencari sesuatu dari puluhan ribu website dengan kata kunci yang sama. Ketika anda membuat website maka anda harus benar - benar paham tentang SEO karena keuntungan anda menguasai SEO sangat besar sekali . SEO tidak hanya digunakan pada website saja tetapi bisa digunakan di marketplace online yang anda gunakan. Jika anda sudah memiliki kemampuan dalam SEO maka anda tidak perlu menggunakan fitur premium berbayar dari marketplace online tersebut sehingga dapat memangkas pengeluaran bulanan.


4. Bangun Kepercayaan Pelanggan


Jika anda mempunyai toko dan banyak sekali pelanggan setia dari berbagai daerah maka arahkan sedikit demi sedikit untuk membeli produk anda melalui toko online yang sedang anda bangun setelah mereka menerima barang arahkanlah mereka untuk memberi review yang baik. Review yang baik untuk toko online sangat berpengaruh kepada calon pembeli karena beberapa orang akan mengecek terlebih dahulu review barang tersebut jika review tersebut bagus maka ia akan membeli barang yang anda jual.


5. Manfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Manfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Promosi melalui media sosial kini menjadi salah satu teknik yang paling ampuh dalam memikat para calon pembeli seperti yang kita ketahui pengguna media sosial sangat meningkat dari tahun ke tahun terutama para kaum milenial. Menggunakan teknik promosi media sosial yang berbayar sangat ampuh karena anda bisa menggunakan fitur premium salah satunya target pasar yang bisa anda tentukan seperti umur, negara, kota dan sebagainya. Pada saat anda ingin memulai dan tetapi tidak mempunyai modal yang cukup untuk mempromosikan produk anda maka sebagainya anda bisa mempromosikan ke grup yang beranggotakannya sangat banyak.

6. Mempersiapkan Customer Service

Mempersiapkan Customer Service

Layanan pelanggan sangat dibutuhkan jikalau pembeli meningkat dari website atau marketplace online yang anda kelola. Jika mempunyai layanan pelanggan maka pembeli mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan begitu pembeli merasa dihargai, kemudian memberikan review kepada toko online kita komentar positif tidak hanya itu calon pembeli mendapatkan layanan informasi yang cukup lalu membeli produk kita.

7. Mencari Dan Merekrut Reseller


Setiap usaha penjualan produk pasti selalu mempunyai pelanggan setia yang membeli produk dengan jumlah banyak dan menjualnya kembali. Dalam binis toko online reseller menjadi salah satu jantung penghidupan toko tersebut karena mereka orang pertama yang percaya 100% kepada produk yang anda jual. Memikat calon reseller bisa anda lakukan dengan memberikan mereka  diskon harga produk jika membeli jumlah tertentu.

Itulah beberapa tips jika anda ingin memulai tahapan pemindahan toko biasa menjadi toko online dengan begitu bisa mengurangi biaya mengontrak bangunan toko serta mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Jika anda tidak mencoba maka kemungkinan toko anda 7 tahun kedepan tidaka akan bisa bertahan lama. Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel