10 Hal penyebab kegagalan Dalam Bisnis Online yang Umum Terjadi

Kegagalan dalam dunia bisnis bukan perkara mustahil, entah itu perusahaan baru di rintis, berkembang, atau bahkan perusahaan yang sudah besar sekalipun.
Kegagalan sering terjadi di karenakan sebab suatu hal yang lalai oleh para pelaku bisnis.
10 Hal penyebab kegagalan Dalam Bisnis Online yang Umum Terjadi
Frustasi Akibat Bisnis yang di jalani Gagal
Untuk membahas sesi kegagalan dalam usaha bisnis online ini sering kali menimpa para pemula ( pemain baru).
Pasalnya banyak yang beranggapan bahwa bisnis yang dikerjakan online itu lebih mudah di aplikasikan dibanding dengan bisnis yang di kerjakan pada dunia nyata atau biasa disebut bisnis Ofline.

Dalam bisnis online sendiri untuk saat ini merupakan trends yang lagi booming di kalangan pembisnis muda.
Tentu dalam hal ini banyak para mastah yang sudah berkecipung lama dalam menekuni dunia bisnis online membuka Workshop atau study khusus yang di ciptakan untuk membuka wawasan bagi pemula yang hendak terjuan di dunia bisnis online, Sharing trik dan tips melihat peluang dan pangsa pasar serta antisipasi kegagalan dalam dunia bisnis online.

Lalu hal apa yang membuat pemula seringkali gagal dalam usaha bisnis online?

10 Hal yang Membuat Bisnis Online Gagal

Walaupun diluar sana banyak yang membuka kursus dalam bidang dunia bisnis online, baik itu secara ofline maupun online, namun masih saja banyak diantara mereka yang gagal dalam memulai bisnis online. Berikut ulasan nya :


1. Mindset Salah : Merupakan Faktor Utama Dalam kegagalan Bisnis Online

Mindset ( pola pikir) yang benar merupakan hal inti dari sebuah keberhasilan dalam sebuah usaha.
Bagi mereka yang mempunyai Mindset benar sejak awal, merekalah yang mempunyai kesempatan dan peluang sukses lebih besar jika dibandingkan dengan yang mempunyai Mindset asal-asalan.

Beberapa Contoh Mindset yang salah dalam pemahaman bisnis Online :
  • Bisnis Online dianggap mudah mengaruk pundi-pundi rupiah secara instan.
  • Bisnis Online dianggap sangat mudah dan suka mengabaikan kritik dan saran teman-teman yang bersifat membangun.
  • Dengan menekuni bisnis online bisa bekerja seenak nya, tanpa konsisten waktu dan konsekuensi dalam bekerja.
  • Menganggap bisnis online itu tak butu modal sama sekali.
  • Bisnis online dianggap tidak perlu bekerja keras tapi dapat menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.
  • Dan masih banyak hal lain yang seringkali diabaikan oleh pemula.
Mindset seperti inilah yang sangat fatal dalam menentukan pola pikir. Hal semacam ini bisa menjerumuskan orang ini dalam kegagalan dan keputus asaan.

2. Minim nya Informasi tentang Bisnis Online

Kekurangan informasi dan malas mencari pengetahuan dalam dunia bisnis online maupun bisnis ofline merupakan faktor pendorong seseorang terjerumus untuk mencapai kegagalan. Masalahnya dalam dunia bisnis tak semudah membalik kan telapak tangan, kita dituntut untuk fokus belajar dan langsung praktek antara trial and eror.
Boleh saja kita minim dalam informasi karena terkendala modal untuk ikut kursus bisnis online yang mahal, Asal kita berani ambil resiko kegagalan dan satu hal sifat pantang menyerah ketika menuai kegagalan wajib selalu ada pada otak kita.
Dalam hal ini kita dituntut untuk menggali informasi sendiri baik Searching di Google tentang bisnis online dan terus mencoba walau sudah beberapa kali mengalami kegagalan .

Namun tak terlepas dari itu kita minimal memiliki skill dan informasi dasar tentang bisnis online, sebagai acuan untuk bekal dalam menggali informasi di Search Engine Google dan Yahoo.

Adapun beberapa contoh pengetahuan dasar yang harus dimiliki bagi pemula ialah sebagai berikut :
  • Mengetahui jenis-jenis bisnis online
  • Mengerti system kerja bisnis online
  • Bisa dan mampu menjalankan bisnis online
  • Dan masih banyak hal dasar lain nya
Dalam bidang bisnis online kita tidak hanya dituntut untuk tahu apa itu bisnis online saja, melainkan terus belajar terus menerus dan praktek dari ilmu yang baru saja di dapatkan.

3. Tidak Fokus Menjalankan Bisnis Internet

Banyak pemula beranggapan masalah fokus dalam dunia bisnis online bisa di stell belakangan asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Padahal jelas, opini semacam ini adalah salah satu cara berfikir seseorang yang salah. Bisnis online itu butuh fokus dan fikiran ekstra. Jadi kita tidak boleh asal-asalan dalam mengerjakan bisnis online.

Dalam hal ini banyak kasus pemula yang rakus mengejar omset bulanan dengan mengerjakan semua bisnis online yang baru saja di ketahui. Tanpa pikir panjang asal sikat, dengan anggapan tersebut seseorang itu sudah salah jalan. karena ia tak mengukur seberapa kemampuan atau potensi bisnis yang ia kerjakan sekaligus?

Boleh jika anda ingin meraup semua usaha online, asal dengan konsekuensi anda sudah mampu, dan paham seluk beluk usaha yang anda kerjakan sekarang. jika sudah paham gak ada masalah jika ingin mencoba bisnis baru, akan tetapi dengan catatan bukan mengejar target omset bulanan melainkan sebagai media atau sarana belajar hal baru. Perkara hasil, fikir belakang. jika hasil berlimpah Alhamdulilah itu hasil dari belajar dan konsisten serta konsekuen anda yang bagus, dan apabila hasil gak balik modal apalagi zonk??? jangan menyerah dan putus asa, saya yakin banyak hal yang perlu dikupas lebih lanjut tentang metode anda dalam belajar.

4. Tidak Serius Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online sama halnya dengan bisnis ofline, butuh serius dan fokus.
kita tidak boleh berfikir cepat puas dan beranggapan bahwa penjualan akan laris manis sepanjang waktu. Tanpa berfikir esok atau lusa bagaimana nasib bisnis online ini?

Jika menjalankan bisnis online tanpa ada keseriusan yang matang, yang akan terjadi ialah usahanya akan gitu-gitu aja dan tidak akan ada perkembangan melainkan kemunduran yang lambat laun datang menghampiri.

Kita bisa berkaca pada pemula yang baru terjuan bisa meraih omset penjualan tinggi dengan kerja keras, sungguh-sungguh serta serius dalam mengerjakan bisnis yang baru ia rintis.

Nah... jika dalam hal ini anda masih menyepelekan seorang pemula, tunggu saja perlahan tapi pasti usaha anda akan terlampaui pemula tersebut.


5. Tidak Mau Upgrade Skill Bisnis Online

Dalam bidang bisnis online kita tidak boleh cepat bangga dengan skill yang dimiliki sekarang.
Pasalnya dalam bisnis online perubahan teknik sangatlah cepat dan singkat.
Oleh karena itu kita dituntut untuk belajar lebih giat lagi dalam menaikan keahlian berbisnis online.

Contoh skill yang harus di upgrade tergantung jenis usaha online apa yang sedang anda tekuni, misal nya jual beli online sebagai berikut :
  • Kita wajib belajar teknik promosi baru.
  • Memahi peluang dan target pasar secara luas.
  • Cara berkomunikasi dengan konsumen menggunakan etika yang baik meliputi : tutur bahasa yang sopan, sabar menanggapi keluh kesah konsumen, dan manjakan konsumen agar menjadi pelanggan setia.
  • Cara negosiasi dengan suplier barang.
  • Dan masih banyak hal lain yang masih perlu dikupas secara tuntas.

6. Kurang Inovasi

Seperti hal yang di singgung pada poin nomer lima diatas, perkembangan bisnis online itu sangat dinamis.
Kita dituntut untuk bergerak cepat mengeluarkan inovasi-inovasi terburu. Jika tidak usaha yang anda rintis akan membuat konsumen cepat bosan dan mulai lari pindah ke seller lain.

Contoh hal yang perlu inovativ dibidang bisnis jual online :
  • Membuat website SEO, AMP ( Accelerate mobile page )
  • Mempermudah jaringan komunikasi misal menambah Whatsapp dalam website yang bertujuan memudahkan calon atau konsumen menanyakan produk dan mempermudah proses negosiasi.
  • Menambah system pembayaran yang lengkap misal : OVO, PAYPAL, GOPAY, dan berbagai jenis bank untuk mempermudah payment konsumen.

7. Tidak Sabaran dan Gampang Menyerah

Tidak sabar dan gampang menyerah ini adalah salah satu gambaran salah menggunakan mindset sejak awal.

Apapun jenis usaha baik itu bisnis online maupun ofline, semua butuh proses tidak ada yang instan.

Mie instan yang jelas berlabel instan aja masih perlu proses dimasak, tidak langsung tiba-tiba masuk perut ketika membeli tanpa proses memasang mengunyah dan sebagainya.

8. Keterbatasan Waktu Belajar dan Praktek

Keterbatasan waktu belajar dan praktek memang salah satu momok mengerikan dalam dunia bisnis online.

Masalah nya kita dituntut untuk memiliki banyak waktu luang untuk belajar dan praktek bisnis online tersebut, sedangkan di profesi kita yang utama, kita dituntut untuk kerja maksimal antusisa dan sungguh-sungguh. Hal inilah yang sangat melelahkan membagi waktu di dua sisi yang sama-sama memiliki peranan penting.

Ada sebagian pemula yang hendak memutuskan resign, namun ia masih takut jika bisnis nya bakal gagal atau bangkrut. Ada juga pemula yang ingin resign tapi takut terganggu dalam sisi financial. Dalam posisi ini kita harus jeli dan teliti dalam mengambil keputusan.
Jika kita salah sedikit saja dalam mengambil suatu tindakan, bisa dipastikan akan berakibat fatal, berdiskusilah kepada teman atau saudara yang sudah lama menekuni usaha bisnis online agar kita dapat gambaran tentang bisnis online.

Tentu setelah mendapat nasehat dari kawan, kita wajib mempertimbangkan lagi masak-masak. Masalahnya ini adalah hal serius untuk masa depan anda.

9. Bermental Gratisan

Bermental gratisan merupakan hal yang menyebabkan faktor ke gagalan, ini masih terlibat dalam mindset yang salah.

Oke, dalam beberapa kasus banyak orang yang sukses menekuni bisnis online tanpa modal, tapi kita wajib telusuri seberapa index skala kuantitas profit orang tersebut?
Untuk usaha yang kecil itu bisa dijalankan demikian.

Tapi jika kita mempunyai target yang besar tentu kita harus mengucurkan dana yang cukup besar juga.

10. Target yang Muluk-muluk atau terlampau Tinggi

Berbicara target yang tinggi dengan hasil yang melimpah itu boleh kok, siapapun boleh bermimpi atau berharap demikian.
Namun dengan catatan kamu mampu gak menggapai impian tersebut?
Jika ia bergegas dan bergerak lah untuk mengejar impian tersebut.

Mempunyai planning yang besar itu wajib mengukur seberapa besar skill kita, seberapa besar modal kita, dan seberapa serius dan fokus kita dalam menjalankan bisnis online tersebut.
Jangan cuman berandai-andai tanpa berusaha mendapatkan.
Jika cuman berhayal dan bermimpikan kesuksesan dengan hasil gemilang bocah kecil juga bisa..
Perbaiki Mindsite anda dan bergeraklah maju untuk menggapai kesuksesan.


Sekian artikel mengenai 10 hal yang menyebabkan bisnis online selalu gagal untuk pemula.
Kurang lebih nya mohon maaf .

Salam hangat Naiya 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel